Question #25677

views

1570

Validitas hasil tes HIV menggunakan rapid test

Selamat malam dok, 12 maret 2017 saya melakukan hal yang saya fikir berpotensi menularkan HIV (memasukkan jari ke dalam kelamin seorang pekerja seks komersial). Dua bulan kemudian saya melakukan test dengan metode rapid dengan hasil non reaktive, lalu di bulan ketiga (88 hari) setelah aktivitas beresiko kembali melakukan rapid test dengan hasil non reaktive. Masih merasa kurang lega akhirnya saya kembali melakukan test pada hari ke (112) dengan hasil kembali non reaktive. Semenjak hari ke (60) saya merasa ada yang salah dengan tenggorokan saya yang ternyata mengalami radang di dinding belakang faring yang hingga saat ini masih belum membaik. Semenjak hari ke (120) timbul bintik di kulit lengan tangan, timbul semacam jerawat di punggung. dan semenjak hari ke (120) an juga BAB saya sedikit mencret tapi dengan pola BAB yang normal (rata rata 2 kali sehari). Yang ingin saya tanyakan, apakah keluhan keluhan yang saya alami ini adalah indikasi HIV atau hanya sesuatu yang kebetulan saya alami dengan disebabkan oleh hal-hal yang lain karena saya telah melakukan tes lebih dari 3 bulan sejak kontak awal. Hal ini cukup mengganggu fikiran saya semenjak hampir 4 bulan berjalan ini. Mohon opini klinis dari dokter atas riwayat saya ini. Terimakasih dokter.

Answer

Salam mas, hasil pemeriksaan HIV yang sudah dilakukan setelah minggu ke 12 dari perilaku berisiko tertular HIV maka hasilnya sudah dapat diterima sebagai hasil akhir atau bersifat Final. 
Keluhan yang anda rasakan bisa disebabkan oleh hal-hal lain. Silahkan menemui dokter anda untuk melakukan pemeriksaan lebih lanjut mencari penyebab keluhan tersebut dan mendapatkan pengobatan yang tepat.

Buat janji dokter sekarang

Artikel Populer

Memahami hasil Pap Smear

Bagaimana Dokter Mendiagnosa Keputihan?

Seks, Seksual dan Seksualitas

HIV dan Nutrisi

Kondom Wanita

Demam, Gejala atau Penyakit?

Sebelumnya
Selanjutnya

Hubungi Kami

Silahkan gunakan formulir ini kapan saja untuk menghubungi kami dengan pertanyaan, atau untuk membuat janji.

Anda juga dapat menghubungi kami melalui WhatsApp atau telepon pada jam klinik di +62 8111 368 364.