Question #25256

views

416

waktu tes yang tepat

Salam..
Dok, saya ingin konsultasi, apakah melakukan tes HIV sebelum 3 bulan bisa konklusif? Pada tanggal 19 Mei 2016 saya melakukan hubungan beresiko jadi saat ini sudah sekitar 6 minggu.  Apakah apabila pada minggu ke-8 saya melakukan tes, adakah metode tes yang konklusif walaupun tes dilakukan sebelum 3 bulan atau harus menunggu 3 bulan?
Pada minggu ke-5 muncul benjolan (hanya terasa apabila diraba) di leher depan bawah jakun dan sampai sekarang ukurannya relatif tidak bertambah besar.  Apakah hal itu merupakan tanda pembengkakan KGB atau kelenjar tiroid ya Dok? Apakah hal itu salah satu ciri terkena HIV?
Terima kasih.

Answer

Dear mas/mbak, pada beberapa kasus bisa diketahui apakah seseorang terinfeksi virus HIV dalam waktu kurang dari 3 bulan. Namun hasil terbaik adalah setelah melewati masa jendela atau window period yaitu 4-12 minggu. Jadi pada kasus anda bisa dilakukan test HIV dan dilakukan test ulang setelah bulan ke 3.
Benjolan di leher bisa ditimbulkan beberapa hal, misalnya pembengkakan kelenjar tiroid, pembesaran kelenjar getah bening, tumor kelenjar ludah, bahkan cedera otot. Untuk mendapat kepastian memang harus diperiksakan. 
Mengenai apakah anda terinfeksi virus HIV atau tidak, hanya bisa diketahui melalui pemeriksaan darah. Jadi saran saya lebih baik anda memeriksakan diri untuk mengetahuinya.

Buat janji dokter sekarang

Artikel Populer

Memahami hasil Pap Smear

Bagaimana Dokter Mendiagnosa Keputihan?

Seks, Seksual dan Seksualitas

HIV dan Nutrisi

Kondom Wanita

Demam, Gejala atau Penyakit?

Sebelumnya
Selanjutnya

Hubungi Kami

Silahkan gunakan formulir ini kapan saja untuk menghubungi kami dengan pertanyaan, atau untuk membuat janji.

Anda juga dapat menghubungi kami melalui WhatsApp atau telepon pada jam klinik di +62 8111 368 364.