Question #25058

views

6911

Window period hiv yg benar dan akurat

Dok saya ingin tanya window period hiv itu yg benar dan akurat utk tes itu 3 ato 6 bln dr peristiwa beresiko?saya baca ada yg blg 3 ada yg 6 bln dr peristiwa beresiko .supaya saya dpt kepastian dan tdk berubah ubah menghitung hariny dan bsa tes cukup 1x tdk diulang2.krn skrg saya capek menghitung hari ny yg selalu berubah2 stlh baca dr satu web mengatakn 3 bln web lain mengatakn 6 bln.terima kasih

Answer

Periode jendela merupakan masa jeda antara paparan infeksi hingga infeksi tersebut terdeteksi dalam tubuh seseorang menggunakan alat tes diagnotisk HIV. Terdeteksinya infeksi dalam tubuh seseorang dipengaruhi oleh jenis tes yang digunakan dan metode untuk mendeteksi virus HIV.
Jadi, dengan kemajuan teknologi untuk alat diagnosis, masa jendela pun semakin memendek. Alat tes generasi ke-empat misalnya dapat mendeteksi infeksi HIV paling cepat satu bulan setelah paparan. Di Indonesia, kebanyakan alat tes diagnostik yang digunakan merupakan generasi ketiga, yang memiliki masa jendela 3 bulan untuk mendeteksi infeksi HIV secara akurat. Hal ini didasarkan pada respons kekebalan tubuh seseorang, yakni 98% orang yang terpapar virus HIV akan membentuk antibodi dalam waktu 3 bulan.
Cara paling aman untuk mencegah penularan HIV adalah menghindari perbuatan yang berisiko, misalnya penggunaan jarum suntik yang tidak steril atau perilaku seks yang tidak aman. Bila dirasa tidak mampu menghindari perilaku tersebut, maka sangat disarankan untuk rutin melakukan skrining IMS (termasuk HIV) setiap 3 bulan.
Salam.

Buat janji dokter sekarang

Artikel Populer

Memahami hasil Pap Smear

Bagaimana Dokter Mendiagnosa Keputihan?

Seks, Seksual dan Seksualitas

HIV dan Nutrisi

Kondom Wanita

Demam, Gejala atau Penyakit?

Sebelumnya
Selanjutnya

Hubungi Kami

Silahkan gunakan formulir ini kapan saja untuk menghubungi kami dengan pertanyaan, atau untuk membuat janji.

Anda juga dapat menghubungi kami melalui WhatsApp atau telepon pada jam klinik di +62 8111 368 364.