QUIZ – Nomophobia

Anda ingin tahu sejauh mana posel Anda mempengaruhi hidup Anda?

Apakah Anda merasa harus terus memeriksa ponsel ketika Anda keluar?

Ketika Anda keluar dan ponsel Anda mati, apa reaksi Anda?

Apakah Anda pikir Anda mungkin nomophobia? Yuk ikuti kuis ini dan cari tahu!

Kuisioner Nomophobia (NMP-Q)

Silahkan mengindikasikan seberapa besar anda setuju atau tidak setuju dengan pernyataan dibawah ini yang berhubungan dengan telepon pintar anda.

Beri nilai setiap pernyataan pada skala 1 (“benar-benar tidak setuju”) hingga 7 (“sangat setuju”) dan hitung total skor Anda untuk mengetahuinya. Be honest!

1. Saya akan merasa tidak nyaman jika tidak mengakses langsung informasi dari telepon pintar saya.

2. Saya akan merasa terganggu jika saya tidak dapat melihat informasi dari telepon pintar saat saya sedang ingin melakukannya.

3. Tidak dapat melihat berita (misalnya kejadian saat ini, cuaca, dsb) dari telepon pintar saya akan membuat saya resah.

4. Saya akan merasa terganggu jika saya tidak dapat menggunakan telepon pintar saya dan/atau telepon pintar saya itu tidak ada saat saya membutuhkannya.

5. Saya akan sangat takut bila Telepon pintar saya kehabisan batere.

6. Saya akan panik jika kredit atau data limit bulanan saya habis.

7. Jika tidak ada signal data atau tidak dapat terhubung dengan Wi-Fi maka saya akan terus memeriksa  apakah sinyal atau jaringan WIFI sudah ada.

8. Jika saya tidak dapat menggunakan telepon pintar saya, maka saya akan merasa seperti terdampar ditempat asing.

9. Jika saya tidak dapat cek telepon pintar sementara waktu maka saya akan merasa sangat ingin mengeceknya.

10. Jika saya tidak membawa telepon pintar saya, maka saya akan merasa cemas karena tidak dapat langsung berkomunikasi dengan keluarga dan/atau teman-teman saya.

11. Jika saya tidak membawa telepon pintar saya, maka saya akan merasa kuatir karena keluarga saya dan/atau teman-teman tidak dapat menghubungi saya.

12. Jika saya tidak membawa telepon pintar saya, maka saya akan merasa resah karena saya tidak dapat menerima pesan dan telepon.

13. Jika saya tidak membawa telepon pintar saya, maka saya akan merasa cemas karena tidak dapat berhubungan dengan keluarga dan/atau teman-teman saya.

14. Jika saya tidak membawa telepon pintar saya, maka saya akan merasa resah karena saya tidak akan tahu apakah ada seseorang yang telah mencoba menelpon saya.

15. Jika saya tidak membawa telepon pintar saya, maka saya merasa cemas hubungan saya dengan keluarga dan/atau teman-teman saya akan rusak.

16. Jika saya tidak membawa telepon pintar saya, maka saya akan merasa resah karena saya terputus dari identitas Online saya.

17. Jika saya tidak membawa telepon pintar saya, maka saya merasa tidak nyaman karena tidak dapat Update status sosial dan jaringan Online.

18. Jika saya tidak membawa telepon pintar saya, maka saya merasa janggal karena saya tidak dapat cek notifikasi Update dari koneksi dan jaringan Online.

19. Jika saya tidak membawa telepon pintar saya, maka saya akan merasa resah karena saya tidak dapat mengecek pesan-pesan di e-mail.

20. Jika saya tidak membawa telepon pintar saya, maka saya akan merasa aneh karena tidak tahu apa yang harus dilakukan.

Bagaimana Skor Anda?

20: Tidak ada nomophobic. Anda memiliki hubungan yang sehat dengan ponsel Anda dan tidak ada masalah ketika terpisah darinya.

21-60: Nomofobia ringan. Anda menjadi sedikit gelisah ketika Anda lupa telepon di rumah selama sehari atau terjebak di suatu tempat yang tidak ada WiFinya, tetapi kecemasannya tidak terlalu berlebihan.

61-100: Nomophobia sedang. Anda cukup melekat pada ponsel Anda. Anda sering-sering memeriksa update ponsel Anda, saat Anda berjalan di jalan atau berbicara dengan seorang teman, dan Anda sering merasa khawatir ketika ponsel Anda ketika tidak terhubung.

101-120: Nomophobia berat. Mata dan pikiran Anda hampir tidak bisa jauh lebih dari 60 detik tanpa memeriksa ponsel Anda. Memeriksa ponsel menjadi kegiatan awal pada pagi hari dan yang terakhir di malam hari, dan mendominasi aktivitas Anda sepanjang hari.

Sumber

Yildirim & Correia (2015)

Artikel Terkait

Lebaran dan Kebahagiaan

Kenali Emosi dan Marahmu

Stockholm Syndrome

Dapatkah kebencian dipulihkan?

Konseling Kesehatan Jiwa, Mengatasi Tantangan Bersama

Gangguan Panik dan Serangan Panik, Sama atau Beda?

Previous
Next

Buat janji dokter sekarang

Hubungi Kami

Silahkan gunakan formulir ini kapan saja untuk menghubungi kami dengan pertanyaan, atau untuk membuat janji.

Anda juga dapat menghubungi kami melalui WhatsApp atau telepon pada jam klinik di +62 8111 368 364.