Angsamerah Articles Sunglasses

Sunglasses

Kaca mata hitam ternyata punya banyak manfaat selain untuk bergaya. Kaca mata hitam dapat menjadi senjata pertahanan Anda untuk melindungi mata dari luka bakar, katarak, maupun kanker kulit akibat sengatan matahari. Akan tetapi, tidak semua kaca mata hitam dapat melakukan hal luar biasa seperti di atas.

Tentu saja ada tips memilih kaca mata hitam yang membawa manfaat baik bagi Anda. Berikut aturannya:

1. UV
Saat memilih kaca mata hitam, pastikan memilih label yang menyatakan daya serap UV 99-100%, atau UV 400. Kaca mata hitam dengan kemampuan daya serap ini mampu memblok panjang gelombang yang lebih pendek dari 400 nm (termasuk semua sinar UVA dan UVB). Jadi letakkan kembali pilihan Anda, bila labelnya hanya berbunyi “menyerap sinar UV”.

2. Polarized
Kaca mata hitam polarized tidak sama dengan penambahan perlindungan terhadap matahari. Karena kaca mata polarized tidak ada hubungannya dengan penyerapan sinar UV, yang ada ialah kaca mata polarized mampu memotong pantulan cahaya dari permukaan horizontal. Efeknya adalah gambaran yang lebih jelas nyata terutama saat menyetir atau berada di air.

3. Warna lensa
Bukan berarti Anda harus memilih kaca mata dengan lensa berwarna paling gelap, karena warna lain bisa bekerja sama efektifnya. Warna adalah soal pilihan. Jadi mau abu-abu, kecokelatan, hijau, atau kekuningan, sah-sah saja untuk Anda pilih. Akan tetapi, beda warna memang beda keunggulan. Warna hijau misalnya, lebih baik digunakan saat pagi hari atau senja.

4. Bahan lensa
Salah satu ciri kaca mata hitam berkualitas adalah lensanya yang cenderung melengkung dengan permukaan rata, namun memiliki sedikit distorsi. Versi kaca mata hitam murah, biasanya memiliki lensa yang terbuat dari plastik yang dipress, sehingga bentuknya rata dan gepeng. Bagaimana cara membedakannya? Coba saja saat memakainya, Anda melirik ke kanan dan kiri sambil mencoba melihat melalui lensa. Bandingkan apakah benda yang Anda lihat mengalami distorsi (perubahan bentuk).

5. Bingkai/frame
Semakin lebar semakin bagus. Bukan hanya bagus untuk gaya tapi juga bagus untuk perlindungan. Selain melindungi dari sinar, tentu saja melindungi dari tiupan debu beterbangan.

 

Referensi
Laura Shocker on What You Don’t Know About Sunglasses Could Hurt You – Huffington Post

Artikel Terkait

Tuberkulosis (TB)

Kesehatan Gigi dan Mulut se-TABU Kesehatan Reproduksi

Bakteri ikut ke kantor

Mengenal Virus Zika Lebih Dekat

Ragam Makanan Pencegah Kanker

Mengenal Penyakit Pengentalan Darah

Previous
Next

Buat janji dokter sekarang

Hubungi Kami

Silahkan gunakan formulir ini kapan saja untuk menghubungi kami dengan pertanyaan, atau untuk membuat janji.

Anda juga dapat menghubungi kami melalui WhatsApp atau telepon pada jam klinik di +62 8111 368 364.