Author

Diah Mayangsari, S.Kep.Ns.

Angsamerah Articles The Big O

The Big “O”

Apa yang Kamu Tahu Tentang Orgasme?

Apakah kontraksi terus menerus yang tidak disadari dari otot-otot di pelvis dan dinding vagina? Atau sekedar kenikmatan seksual? Well, semuanya benar.

Definisi orgasme adalah kontraksi terus menerus yang tidak disadari dari otot-otot di pelvis dan dinding vagina, serta di seluruh tubuh manusia dan orgasme adalah pengalaman menyeluruh atau total dari tubuh manusia. Bila kita mengalami orgasme, mulai dari otak, fisik hingga emosi ikut terlibat. Mau tahu lebih jelas?

Penggambaran fisik dari orgasme pada wanita dan pria sebetulnya hampir sama. Pada wanita, orgasme biasanya digambarkan sebagai perasaan hangat, merinding atau seperti kesemutan, yang dimulai dari klitoris kemudian menyebar ke seluruh tubuh. Sebagian besar wanita juga merasakan kontraksi dari otot bawah panggul.

Sedangkan pada pria, orgasme dideskripsikan sebagai sensasi yang sangat hangat atau tekanan yang diikuti ejakulasi yang tidak bisa ditahan. Kemudian dilanjutkan dengan kontraksi terus menerus yang menyenangkan yang melibatkan otot dasar panggul, sphincter anal, rectum, perineum, dan genital. Akhirnya, sensasi melepaskan atau keluarnya cairan hangat yang dapat diartikan sebagai ejakulasi, dimana semen keluar melalui uretra.

Orgasme tidak hanya seputar berkontraksinya otot-otot pelvis, tapi saat orgasme kita juga mengalami perubahan di gelombang otak, dan otot-otot tertentu di tubuh kita, seperti otot wajah juga akan mengalami kontraksi. Pada sisi psikologis atau emosi, orgasme dapat menimbulkan rasa puas dan kepercayaan diri.

Pengalaman orgasme pada tiap orang berbeda-beda dan bersifat personal. Ada yang merasakan orgasme sebagai sensasi yang luar biasa, ada juga yang merasakan orgasme sebagai sensasi yang “biasa saja”. Perbedaan ini dipengaruhi oleh factor fisik, seperti kelelahan dan jarak dari orgasme terakhir, dan factor psikososial, yaitu mood, kedekatan dengan pasangan, harapan, dan cara pandang seseorang terhadap hubungan seksual.

Jadi, menurut anda sekarang, apakah orgasme itu?

 

Referensi
health.discovery.com
sexualhealth.com

Artikel Terkait

Tahapan Respon Seksual Manusia

Lika-liku Seks

PETUNJUK PASIEN Pemeriksaan Kesehatan Pranikah (PKP) di Klinik Angsamerah

Masters and Johnson

Seks diusia senja

Bagaimana aku tahu kalau terinfeksi Klamidia dan Gonore

Sebelumnya
Selanjutnya

Buat janji dokter sekarang

Hubungi Kami

Silahkan gunakan formulir ini kapan saja untuk menghubungi kami dengan pertanyaan, atau untuk membuat janji.

Anda juga dapat menghubungi kami melalui WhatsApp atau telepon pada jam klinik di +62 8111 368 364.