The Penis Book 2, Menu

The Rocky Horror Picture Show

The Penis Book 2, Chapter 1

Bonnie and Clyde

Penis dengan saus a la partner in crime Gonorrhea dan Chlamydia

The Penis Book 2, Chapter 2

The Sting

Penis dengan ulkus bersih berlanjut infeksi a la The Great Imitator Syphilis dengan kupasan stadium

The Penis Book 2, Chapter 3

Piranha

Penis dengan ulkus dasar putih a la school of fish dengan chancroid/ulkus mole

The Penis Book 2, Chapter 4

The Cassandra Crossing

Penis dengan sajian Lympho Granuloma Venereum disertai pembengkakan lipat paha

The Penis Book 2, Chapter 5

King Gambler

Penis dengan varian ulkus granuloma inguinal alias donovanosis

The Penis Book 2, Chapter 6

The Towering Inferno

Penis dengan burning sensation a la herpes genital

The Penis Book 2, Chapter 7

The Return of The Living Dead

Penis dengan persemaian jengger ayam/condyloma acuminata

The Penis Book 2, Chapter 8

Midnight Express

Penis dengan luka dan scratching a la skabies disajikan malam hari

The Penis Book 2, Chapter 9

Hair

Penis dengan gaya retro hippies The Flower Generation dengan pedikulosis pubis

The Penis Book

The Penis Book 2

The Return of The Living Dead

The Penis Book 2, Chapter 7

Saya benar-benar lupa kenapa film ini saya cantumkan dalam daftar menu sebagai pengantar kondiloma. Lha wong ini kan film tentang zombie. Film zombie pertama yang akhirnya memilih menu kesukaan zombie: otak. Sebelumnya zombie makan apa saja. Barangkali para pembuat film ini merasa jijik oleh kerakusan zombie yang tidak pilih-pilih makanan. Dari kaki sampai pantat dilahap habis. Jadi, zombie dalam film Return of the Living Dead lebih sophisticated. Mereka juga mendesah seksi: “Braiiiiiiiinsssss…” saat akan memangsa otak korbannya. Film buatan 1985 ini dikatakan merupakan film komedi hitam buatan Dan O’Bannon. Para penonton waktu itu, termasuk saya, lebih banyak cekikikan daripada terpekik ngeri melihat tingkah laku zombie yang cool ini. Kalau generasi sekarang mungkin yang terbayang adalah gim tersohor Plants vs Zombie.

Jadi apa hubungannya dengan Infeksi Menular Seksual ya? Tulisan kali ini akan mencuplik sekilas tentang kondiloma. Mengapa kondiloma jadi dikaitkan dengan zombie? Apakah karena lesi kondiloma bia sudah terlanjur besar menjadi giant condyloma menyerupai otak? Mungkin juga. Kan tadi saya sudah tulis di depan kalau saya benar-benar lupa…

Pembahasan tentang kondiloma akan kita mulai dari pengertian. Kondiloma adalah suatu tumor atau vegetasi akibat infeksi Human Papiloma Virus. Dalam istilah kedokteran, Condyloma Acuminata disebabkan oleh Human Papiloma Virus (HPV) type 6 dan 11. Penyakit ini memiliki nama populer di masyarakat kita sebagai “jengger ayam” atau kutil kelamin.

Penyakit ini merupakan penyakit menular seksual yang ditularkan melalui kontak langsung kulit dengan kulit sewaktu melakukan seks oral, genital, atau anal. Meskipun 90% dari mereka yang kontak dengan HPV tidak berkembang menjadi kondiloma, namun mereka yang terinfeksi (meskipun tak ada kutilnya) dapat tetap menyebarkan virus. Jadi, meskipun kelihatan mulus dan blingbling, belum tentu orang itu tak menularkan kutil. Seperti zombie, dari jauh kelihatan seperti orang biasa, baru dari dekat menerkam dan menyedot otak. Hehehe, sedikit sinting perumpamaannya.

Meskipun demikian, infeksi oleh HPV dapat membawa risiko yang beragam tergantung jenis virus yang menginfeksi. Bisa mulai dari HPV yang risiko rendah yakni hanya menyebabkan kondiloma, hingga HPV risiko tinggi yang bisa menyebabkan kanker. Infeksi HPV sangat lazim dijumpai, sehingga sekitar separuh dari semua orang yang aktif seksual terinfeksi dalam satu saat hidup mereka.

Kondiloma erat hubungannya dengan kekebalan tubuh. Daya tahan tubuh akan menahan supaya tidak timbul kutil sampai pada suatu titik ketika ia kebobolan, dan kutilpun mencuat. Dari satu kutil kemudian menyusul yang lain. Pertolongan medis untuk menghilangkan kutil bertujuan supaya tak ada lagi kutil pada permukaan kulit. Bila suatu saat imun menurun, kutil akan timbul kembali. Jadi, berhati-hatilah, karena sekali kena, risikonya adalah kekambuhan.

Lesi kondiloma tidak terasa nyeri dan terkadang gatal. Kondiloma dibedakan dengan moluscum contagiosum. Kondiloma juga berbeda dengan Pearly Penile Papule dan Fordyce’s Spot, suatu keadaan normal penis dan bukan kelainan/penyakit. Seperti penyakit virus lain, condyloma acuminate bersifat rekuren. Asalnya yang semula hanya bintil kecil, bisa berkenbang menyebar menjadi banyak, seperti punya peternakan ayam di vagina atau pantat. Bila nasib tujuh kali apes, kondiloma bisa berkembang subur menjadi giant condyloma, yang besarnya mirip otak, atau bunga kool, dan berbau busuk… agak mirip-mirip bau zombie, sih. Maka bila Anda tidak ingin punya peternakan ayam atau perkebunan kool di bawah sana, rajin-rajinlah menjaga kebersihan kelamin Anda dan pasangan…

Artikel Terkait

Buat janji dokter sekarang

Membersihkan Penis

HPV itu katanya…

Hepatitis B (Bagian 1)

Bonnie and Clyde

The Penis Book 2, Chapter 1

Beribu Nama Beribu Mitos

Kanker Prostat

Sebelumnya
Selanjutnya

Hubungi Kami

Silahkan gunakan formulir ini kapan saja untuk menghubungi kami dengan pertanyaan, atau untuk membuat janji.

Anda juga dapat menghubungi kami melalui WhatsApp atau telepon pada jam klinik di +62 8111 368 364.