Mentoring Klinis dan Manajemen Pengelolaan Usaha Layanan Kesehatan Klinik Swasta, di Klinik YKB

Klinik YKB Jakarta Utara adalah sebuah klinik swasta dengan kepedulian sosial yang tinggi untuk masyarakat. Kontribusi keberadaan klinik untuk masyarakat umum di daerah Tanjung Priok yang sudah berlangsung bertahun-tahun sangat menginspirasi. Melalui dana hibah dukungan mentoring yang dilakukan oleh Tim Angsamerah berangkat dari kebutuhan YKB dan disesuaikan dengan kapasitas yang dimiliki Angsamerah.

Dalam proses mentoring kedua tim mendapatkan banyak pembelajaran yang berarti. Kegiatan mentoring yang dilakukan tidak terfokus pada aspek klinis saja tetapi menyeluruh, meliputi elemen lainnya seperti; pelayanan yang berorientasi kebutuhan pasien, kebutuhan motivasi kerja karyawan terkait “reward” dan linkungan kerja yang meningkatkan produktifitas kerja, pengelolaan manajemen klinik untuk mampu tumbuh sehat, dan bila memungkinkan termasuk aspek marketingpun turut diperhatikan.

Kegiatan mentoring yang berlangsung selama dua hari di tanggal 29 dan 30 Desember 2015, dibimbing oleh dr. Lamsaria Siburian dan merupakan kelanjutan dari rangkaian kegiatan sebelumnya yang didukung oleh USAID melalui project SUM II; Study Tour, lokakarya dan mentoring refreshing tim kerja yang berorientasi hasil. Selama dua hari, mentoring di fokuskan pada verifikasi dan “reorganizing” jenis pelayanan klinik, legalitas, SDM, sarana prasarana, data pasien, obat-obatan yang ada, sistim informasi, standard operation procedure, rujukan, dan sistim yang lainnya. Mentoring selanjutnya difokuskan pada potensi Klinik YKB menjadi Klinik satelit layanan ART (antiretroviral therapy)

Klinik YKB is amazing, we are so inspired with their dedicated team.

You may also like

Leave a comment