Mentoring potensi Klinik YKB Jakarta Utara untuk menyediakan terapi ARV (ART)

Memperluas kemudahan mengakses layanan terapi antiretroviral (ART) bagi masyarakat merupakan program nasional yang terus giat diupayakan oleh pemerintah dan didukung banyak pihak. Sebagai salah satu upaya mendukung program ini, dana hibah USAID melalui Project SUMII, mempercayakan Angsamerah untuk memberikan dukungan teknis pada beberapa Klinik Mitra project SUMII, salah satunya adalah Klinik YKB (Yayasan Kusuma Buana) yang berlokasi di Jakarta Utara.

Kegiatan ini merupakan kegiatan mentoring ke lapangan yang ke 3 kali ke Klinik YKB, sebelumnya adalah kegiatan mentoring terkait; refreshing tim untuk karakter positif beorientasi hasil dan kerja tim, mentoring klinis dan manajemen. Mentoring terakhir adalah kegiatan mentoring yang dikhususkan pada potensi Klinik YKB menjadi provider ART, kegiatan dibimbing oleh Dr. Sri Pandam Pulungsih dan Felix Neuenschwander.

Kegiatan terselenggara pada tanggal 25 Ferbuari 2015, dimana kegiatan diawali dengan diskusi intensif antara tim inti YKB, yang kemudian siang harinya dilanjutkan dengan diskusi bersama para tim dari institusi terkait lainnya di Jakarta Utara; Sundikes, Puskemas Kebon Bawang, RS Koja, RS Penyakit Infeksi Sulianti Saroso (RSPI-SS), Sudin Pariwisata dan Kebudayaan, dan KPAK Jakarta Utara.

Diskusi berlangsung produktif dengan beberapa rekomendasi follow up penting, yang intinya semua pihak sangat mendukung YKB menyediakan ART. Dr. Adria Rusli dari RSPI-SS, bahkan menyatakan kesediaannya untuk memberikan bimbingan ke klinik dan juga menerima magang staf klinik ke RSPI-SS terutama dalam mengawali layanan PDP.

RSPI-SS merupakan RS induk untuk layanan ART yang saat ini tersedia di dua klinik Angsamerah yang berlokasi di Blora Menteng dan Panglima Polim. Saat ini Dr. Adria Rusli, tengah mengupayakan agar Angsamerah Klinik tidak lagi hanya menjadi satelit untuk layanan ART tetapi menjadi menjadi Klinik Utama/Rujukan ART. Intensitas follow up dari diskusi ini menjadi sangat penting untuk merealisasikan harapan Klinik YKB menjadi Klinik Satelit layanan ART.

You may also like

Leave a comment