Kemitraan CIMSA dan Yayasan Angsamerah: Pelatihan “ Event Coordinator and HIV Awareness & Self Risk Assessment ”

Yang Muda Berinisiatif Memberi & Memimpin

Yayasan Angsamerah bekerjasama dengan CIMSA, Center for Indonesian Medical Students’ Activities dalam rangkaian kegiatan yang diselenggarakan CIMSA Nasional menyambut World Aids Day 2015. Rangkaian kegiatan HIV Awareness & Self-Risk Assessment yang akan diselenggarakan pada bulan Desember 2015 dan Januari 2016 ini diawali pada tanggal 27 November 2015 dengan diadakannya pelatihan praktis, yang bertempat di Klinik Yayasan Angsamerah dengan tema “ Event Coordinator and HIV Awareness & Self Risk Assessment “ bagi 20 Anggota CIMSA-SCORA dari 5 Fakultas kedokteran di Indonesia yaitu Universitas Indonesia, Universitas Islam Negeri Syarifhidayatullah, Universitas Pelita Harapan, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta dan Universitas Gajah Mada.

Perwakilan dari tiap-tiap universitas diberikan bekal mengenai tips praktis bagaimana menjadi seorang koordinator atau pengelola acara yang cerdas, inovatif dan bijak dalam mengelola suatu ajang kegiatan promosi / kampanye program HIV yang mengena dengan tujuan.  Secara khusus peserta mendapatkan pembekalan materi pengetahuan dasar tentang HIV dan tips cara mengedukasi masyarakat awam dengan cara-cara yang mudah untuk diterima dan dimengerti masyarakat. Selain itu peserta diajarkan pula dasar-dasar materi tentang jenis tes HIV, perbedaan perbedaan tes HIV untuk kebutuhan diagnosa dan skirining, termasuk cara melakukan pemeriksaan praktis dan cepat pemeriksaan tes HIV dari pengambilan darah finger prick, penerapan kewaspadaan universal, dan membaca hasilnya, termasuk juga pengisian formulir penilaian resiko dan surat persetujuan. Untuk tim CIMSA dari Yogyakarta, tim Angsamerah memberikan beberapa rujukan institusi ataupun organisasi ataupun orang kunci yang dapat menjadi mitra kunci kesuksesan penyelenggaraan di Yogyakarta.

Kegiatan ini diselenggarakan dalam rangka peningkatan Awareness tentang HIV dan AIDS di kalangan mahasiswa & masyarakat, terutama manfaat dari tes HIV dini, dan betapa banyak cerita positif tentang HIV dengan penanganannya dan ketersediaan pelayanannya yang sudah lebih baik lagi. Diharapkan para mahasiswa kedokteran ini dapat menjadi lidah penyambung yang baru demi tersebarluasnya informasi tentang HIV dan AIDS yang benar di kalangan kampus dan secara umum di kalangan Masyarakat luas. Kegiatan WAD 2015 sahabat muda dari CIMSA ini akan diselanggarakan di DKI dan Yogyakarta. Untuk kegiatan di Jakarta selain tim dari Yayasan Angsamerah, maka tim CIMSA mendapatkan bantuan konselor dari Yayasan Inter Medika dan Klinik Yayasan Kusuma Buana.

Kegiatan ini mendapatkan dukungan dana dari COFRA Foundation dan tes HIV reagents dari Dinkes DKI

Berikut link beberapa kegiatan yang baru saja diselenggararakan para sahabat muda CIMSA-SCORA dalam memperingati Hari AIDS Sedunia

Beberapa snapshoot kegiatan di acara pelatihan lalu.

CIMSA_Angsamerah_27Nov2015_2

Merekam serius dengan mata dan teliga dan video bagaimana melakukan tes darah HIV finger prick yang disimulasikan oleh Lab Teknisi Siti Suratmi

CIMSA_Angsamerah_Abi

Dr Abi dan dr Nurlan berdiskusi dengan para anggota CIMSA secara santai dan berisi tentang isu penting seputar HIV terkait promosi, edukasi, pelayanan HIV yang komprehensif termasuk pentingnya memperhatikan isu sosial-budaya setempat dalam berbgai bentuk kegiatan ataupun pelayanan.

CIMSA_Angsamerah_Nina

Mendengarkan dengan serius paparan dari mba Nina penanggung Jawab Public Relation and Marketing Officer Angsamerah tentang pesan-pesan penting tentang tanggung jawab seorang Koordinator Event pada saat sebelum, selama dan sesudah penyelenggaraan.

CIMSA-Angsamerah-Tim

Tim Angsamerah menyempatkan diri berpose, dari kiri ke kanan: Nina, Murli, Siti, Nurlan and Felix

Panoramic Shoot_3

You may also like

Leave a comment