Author

Editor

KACAPIKIR

Banyak orang yang mengenal Angsamerah sebagai klinik yang ramah dan profesional dalam melayani pasien maupun klien. Namun lebih dari itu, apa yang dilakukan oleh Angsamerah untuk meningkatkan kualitas pelayanan yang prima?

Ternyata rahasianya adalah, Angsamerah selalu memberikan peningkatan kapasitas secara rutin bagi seluruh timnya, guna mengimbangi perkembangan pengetahuan terkait kesehatan fisik dan mental. Salah satu contohnya, Angsamerah membuat program edukasi secara rutin dan terencana yang dikelola oleh pihak manajemen serta dengan masukan dari para staff. Dalam program ini, Angsamerah ikut melibatkan berbagai komunitas, LSM, dan mitra kerja Yayasan Angsamerah untuk membahas topik-topik yang relatable.

Baca juga: Layanan Testing, Pengobatan dan Perawatan HIV Berbasis Komunitas

Dengan respon dan hasil yang baik dari berbagai pihak, Angsamerah mengembangkan lagi sebuah program edukasi bernama Kacapikir. Program Kacapikir ini diperluas untuk tenaga kesehatan di luar Angsamerah dan juga masyarakat umum. Cara penyampaian informasinya juga tidak membosankan, loh! tapi tetap edukatif, inspiratif, persuasif dan pastinya kreatif.

Ada tiga topik informasi dan life skill yang diangkat pada program Kacapikir, di mana ketiga topik ini tidak dapat terlepas dari diri setiap orang dan perlu mendapat perhatian yang baik. Kira-kira apa saja ya ketiga topik tersebut? Yuk, simak lebih lanjut!

  1. Seksualitas

Topik seksualitas yang diangkat tidak hanya secara klinis fisik tapi juga secara psikologis. Mengangkat isu-isu yang bisa muncul di ranah pribadi tanpa menghakimi, termasuk mendiskusikan kesehatan organ reproduksi dan kesehatan seksual serta keberagamannya. Angsamerah percaya bahwa kesehatan seksual adalah bagian integral dari menjalani kehidupan yang otentik. So, dengan menjadikannya sebagai prioritas, seseorang bisa meningkatkan kesejahteraan emosional, fisik, dan mental secara signifikan, bahkan meningkatkan hubungan intimasi fisik dan jiwa yang sehat dengan pasangan.

  1. Relasi

Pada topik ini, kita bisa saling berbagi informasi dalam diskusi terbuka untuk memperkaya persepsi mengenai hubungan dengan pasangan dan lingkungan sosial sehingga memiliki kehidupan relasi yang sehat dan berkembang.

  1. Kewirausahaan Sosial

Bagi yang ingin meningkatkan memecahkan masalah sosial di masyarakat dengan strategi bisnis, Kacapikir mengemas topik ini dalam bentuk workshop untuk memberikan keterampilan (life skill) serta berbagi tips untuk mengembangkan kemampuan diri yang berdampak positif. untuk menjadi kreatif, inovatif dan tangguh dalam menghadapi berbagai tantangan.

Lalu, apa saja bentuk kegiatan dalam program Kacapikir?

Asah Pikir – Kegiatan edukasi online gratis (melalui Zoom / Instagram TV / Instagram Live) yang menyajikan momen diskusi antara masyarakat umum atau tenaga kesehatan bersama narasumber dengan topik pembahasan tertentu.

Bincang kisah – Menghadirkan orang-orang yang memiliki kisah hidup inspiratif untuk memotivasi dan menyemangati kehidupan, menjadikan pembelajaran bagi orang lain sehingga bisa meniru jejak kesuksesannya.

Life Skill Class Series – Diperuntukkan bagi mereka yang ingin mengembangkan keterampilan hidup dengan mengikuti serangkaian pembelajaran yang terfokus, menciptakan ruang diskusi dan belajar terampil.

The Experts Go to You – Mendatangkan ahli sebagai narasumber kepada Individu, organisasi, institusi maupun pemerintahan yang ingin membuat kegiatan edukasi kepada sesama atau internal lembaga dengan topik sesuai kebutuhan.

Angsamerah yakin bahwa masyarakat bisa meningkatkan kesehatannya dengan signifikan melalui program edukasi yang rutin dan menyeluruh (melibatkan aspek klinis fisik, kesehatan mental, kepedulian sosial dan kemandirian). Selain itu, tujuan lain yang ingin dicapai dalam program ini adalah memperkenalkan dan memotivasi masyarakat umum untuk tidak menunda mengakses layanan kesehatan yang dibutuhkan dengan rasa aman dan nyaman.

Program Kacapikir didukung oleh Yayasan Angsamerah, pihak sponsor, lembaga donor, serta para tenaga ahli yang tergabung dalam asosiasi expertis di Angsamerah. Jadi, sampai bertemu di program Kacapikir berikutnya!

Klik: Event & Materi Edukasi di IGKacapikir

Artikel Terkait

Webinar

Telaah Potensi Perselisihan

Antara Penyedia Dan Penerima Layanan Kesehatan

Enam Tahapan Menyusun Rencana Bisnis

Knowledge is Power

Elsevier and Angsamerah for Better Healthcare in Indonesia

Keterlibatan Masyarakat Sipil di G20 Indonesia 2022

Berbagi Ilmu Lintas Batas Negara: India dan Indonesia

Pembelajaran: Manajemen Klinik dan Bedside Teaching di Klinik Angsamerah

Sebelumnya
Selanjutnya

Bermitra dengan kami sekarang

Hubungi Kami

Silahkan gunakan formulir ini kapan saja untuk menghubungi kami dengan pertanyaan, atau untuk membuat janji.

Anda juga dapat menghubungi kami melalui WhatsApp atau telepon pada jam klinik di +62 8111 368 364.