Question #27457

views

1478

Bisakah antibodi HIV baru terdeteksi setelah 1 tahun ?

Dear Doctors blog Angsamerah yg terhormat,

Saya ingin menanyakan apakah pernah terjadi/ditemui orang yang baru terdeteksi HIV Positif baru setelah 1 tahun setelah pajanan beresiko ? Dalam artian, tes antibodi HIV 3 bulan pertama Non Reaktif kemudian tes lagi 6 bulan masih Non Reaktif, tes 9 bln Non Reaktif dan setelah 12 bulan (1 tahun) baru terdeteksi HIV positif/Reaktif. Apakah hal ini mungkin/bisa terjadi, Dok ?

Terimakasih sebelumnya atas jawabannya, Dok.

Salam,
Jovan.

Answer

Selamat Pagi
 
Untuk menjawab pertanyaan anda, apakah bisa dipastikan lagi selama 1 tahun setelah paparan tidak ada resiko sama sekali? Bila tidak ada resiko sama sekali dan resiko terakhir hanya 1 tahun lalu maka kami belum pernah menemukan kasus tersebut. Kalau pun ada kasus tersebut bisa saja ada resiko yang terlupa dalam satu tahun. 
Perlu diketahui bahwa antibodi terbentuk mulai minggu 4 setelah virus masuk ke dalam tubuh. Rapid tes umumnya memiliki tingkat sensitivias dan spesifitas tinggi >98-99%. Adapun hal-hal yang dapat memberikan hasil false negatif seperti tes yang dilakukan terlalu dini, pembacaan hasil yang terlalu cepat, dan masalah teknis lain. Konsultasi dahulu dengan dokter anda sebelum melakukan tes dan lakukan tes di layanan yang terpercaya.
 
Terima Kasih

Buat janji dokter sekarang

Artikel Populer

Memahami hasil Pap Smear

Bagaimana Dokter Mendiagnosa Keputihan?

Seks, Seksual dan Seksualitas

HIV dan Nutrisi

Kondom Wanita

Demam, Gejala atau Penyakit?

Sebelumnya
Selanjutnya

Hubungi Kami

Silahkan gunakan formulir ini kapan saja untuk menghubungi kami dengan pertanyaan, atau untuk membuat janji.

Anda juga dapat menghubungi kami melalui WhatsApp atau telepon pada jam klinik di +62 8111 368 364.