Question #25009

views

2758

Gejala HIV

Saya mau bertanya dok, berikut pointnya:
1.apakah gejala HIV di tandai dengen pembesaran kelenjar getah bening pada minggu ke 6?tidak ada gejala lainnya
2.mungkinkah jika setelah perilaku berisiko dan positiv pada minggu ke 6 terkena tb kelenjar atau kanker limfoma?
3. Apakah tb kelenjar berkaitan erat dengan HIV?
Terimakasih dok

Answer

Answer

Selamat Siang,
 
HIV secara harafiah adalah sebuah virus, bukan suatu jenis penyakit, ketika seseorang terinfeksi HIV, daya tahan tubuh akan menurun sehingga kemudian rentan terkena penyakit, jadi gejala yang muncul tergantung penyakit apa yang terkena pada orang yang terinfeksi HIV tersebut, jadi seseorang yang terinfeksi HIV tidak akan memiliki gejala yang khusus / khas, dan perlu diketahui bahwa orang yang terinfeksi HIV rata-rata dapat hidup bebas dari gejala dalam 5-10 tahun sejak ia terinfeksi.
 
Pada dasarnya tuberculosis dapat menyerang siapapun yang sering terpapar oleh kuman TB (cth: tinggal bersama dengan pengidap TB), selain itu Tuberkulosis termasuk penyakit penyerta tersering pada orang dengan infeksi HIV, jadi mungkin saja seseorang terinfeksi TB setelah sebelumnya terinfeksi HIV, tapi tidak berarti setiap orang yang terinfeksi HIV akan pasti terinfeksi TB.
Untuk penyakit kanker seperti Limfoma, terdapat banyak sekali factor yang dapat menyebabkan perubahan sel pada kelenjar getah bening untuk menjadi ganas.
Inilah pentingnya dilakukan skrining berkala pada orang yang aktif secara seksual dan berperilaku berisiko untuk menjalani tes HIV, agar dapat ditangani sebelum muncul penyakit penyerta, selain itu juga pada pasien yang sudah terbukti terinfeksi dengan HIV, kami rutin meminta pasien untuk lebih waspada dan sebaiknya menjalani pemeriksaan skrining TB pula.
 
demikian yang bisa saya bantu jawab, semoga membantu, bila masih membutuhkan informasi lebih lanjut, silahkan hubungi customer service kami untuk membuat janji temu dengan dokter-dokter ramah di klinik kami,
Salam.  

Buat janji dokter sekarang

Artikel Populer

Memahami hasil Pap Smear

Bagaimana Dokter Mendiagnosa Keputihan?

Seks, Seksual dan Seksualitas

HIV dan Nutrisi

Kondom Wanita

Demam, Gejala atau Penyakit?

Sebelumnya
Selanjutnya

Hubungi Kami

Silahkan gunakan formulir ini kapan saja untuk menghubungi kami dengan pertanyaan, atau untuk membuat janji.

Anda juga dapat menghubungi kami melalui WhatsApp atau telepon pada jam klinik di +62 8111 368 364.