Question #25015

views

1079

mengatasi keputihan

Slamat siang dok,
Saya wanita usia 26th, n baru menikah slama 6 bln ini. Karna alasan pekerjaan awalnya kami menunda kehamilan dg menggunakan kondom. beberapa kali saat melakukan hubungan intim ada keluar cairan keputihan yg sdikit kental tp tidak berbau.
Sekarang, kami sudah tidak menggunakan kondom, namun setiap setelah berhubungan sya mengalami keputihan, cairannya sangat banyak n berbau menyengat sampai beberapa hari setelah berhubungan pun mash berbau..
untuk ke dokter dan periksa secara langsung saya belum berani. Kira2 apa yang harus saya lakukan??

Answer

Selamat siang Mba. Semoga mba saat ini dalam keadaan sehat. Terima kasih untuk pertanyaannya. Menanggapi pertanyaan yang diajukan dapat saya jelaskan sebagai berikut:  Saat pertama kali melakukan hubungan intim dengan suami dan dengan gunakan kondom, cairan keputhan yang keluar saat itu kemungkinan adalah cairan yang secara normal akan keluar bila seorang wanita melakukan hubungan intim, dimana cairan yang keluar secara alamiah tersebut berguna sebagai pelumas atau lubrikan sehingga mengurangi rasa sakit bila ada gesekan saat berhubungan. Cairan tersebut biasanya transparan atau keputihan dan agak kental, tidak berbau. Cairan/keputihan yang saat ini keluar dalam jumlah banyak dan berbau setelah lepas kondom saat hubungan seks kemungkinan disebabkan karena jamur atau bakteri yang bisa mengakibatkan keputihan yang berlebihan dan berbau.Untuk mengobatinya sebaiknya diketahui secara pasti jenis jamur atau bakteri yang menyebabkan keputihan yang tidak normal tersebut. Pemeriksaan dalam perlu dilakukan. Untuk tahap awal, mungkin dapat dilakukan dengan menjaga agar daerah V tidak lembab dan bisa dengan memakan yoghurt . kalau dengan cara tersebut tidak berhasil menghilangkan masalah keputihan yang berlebih dan bau, maka sebaiknya diperiksa dalam oleh dokter sehingga dapat diberikan obat yang cocok untuk menghilangkan bakteri atau jamur yang hidup dalam vagina. Semoga jawaban saya ini bisa membantu.

Buat janji dokter sekarang

Artikel Populer

Memahami hasil Pap Smear

Bagaimana Dokter Mendiagnosa Keputihan?

Seks, Seksual dan Seksualitas

HIV dan Nutrisi

Kondom Wanita

Demam, Gejala atau Penyakit?

Sebelumnya
Selanjutnya

Hubungi Kami

Silahkan gunakan formulir ini kapan saja untuk menghubungi kami dengan pertanyaan, atau untuk membuat janji.

Anda juga dapat menghubungi kami melalui WhatsApp atau telepon pada jam klinik di +62 8111 368 364.