Question #27471

views

343

PrEP + CONDOM

Selamat siang, salam sejahtera bagi kita semua.

Saya pria berusia 31 tahun heterosexual, saya memiliki ketergantungan yang buruk dalam berhubungan sexual. hasrat sexual saya tinggi dan menggebu-gebu, menyebabkan saya sering bergonta ganti pasangan sexual baik wanita biasa maupun PSK.

Saya sadar perbuatan saya salah, saya sudah berusaha tapi tetap tidak bisa menahan diri, karena itu saya memutuskan untuk mengkonsumsi PrEP secara rutin setiap hari, dan selalu berhubungan sexual menggunakan condom secara konsisten.
(prihal pemasangan condom / pemakaian nya terkadang kurang teliti apakah sudah benar atau tidak, terkadang pasang sendiri atau di pasangin oleh pasangan sexual, tapi di asumsikan di pakai secara normal saja menutupi seluruh batang penis, melakukan hubungan sexual dari awal sampai akhir ejakulasi di dalam condom, tanpa pernah di lepas sampai selesai)

Saya tetap berusaha concern pada kesehatan saya dan kesehatan pasangan sexual saya. Meskipun beresiko bergonta ganti pasangan, saya usahakan saya selalu konsisten dalam menggunakan perlindungani dan selektif dalam memilih pasangan sexual.

Saya memahami 4 prinsip penularan ESSE, saya juga meyakini bahwa HIV juga tidak semudah itu dalam menular.

Yang ingin saya tanyakan di sini, bagaimana efektivitas proteksi saya ? dalam hubungan beresiko saya yang tiada henti bergonta ganti pasangan, tapi rutin mengkonsumsi PrEP setiap hari dan menggunakan kondom secara konsisten.

Apakah bisa menjamin saya selamanya terlindung ? tidak terinfeksi ?

Saya rutin test HIV & Syphilis 3 bulan sekali, puji tuhan selalu negatif dalam 2 tahun terakhir (semoga selalu terlindung).
terkadang 6-12 bulan sekali saya screening untuk Gonore dan Chlamydia, di tambah test urine lengkap.
So far hasilnya baik-baik saja.

Terima kasih Angsamerah, mohon di jawab.
God Bless

Answer

Selamat Pagi
 
Usaha yang anda lakukan dalam melindungi diri dari infeksi IMS termasuk HIV sudah baik. Hubungan seks yang dilakukan dengan kondom sudah cukup memproteksi diri anda dari mayoritas IMS termasuk HIV. Apalagi bila anda menambah dengan PrEP, dari beberapa studi PrEP bila dikonsumsi rutin mampu melindungi diri 92-99% dari infeksi HIV. Selain itu anda tetap perlu melakukan pemeriksaan kesehatan seksual secara berkala karena ada beberapa IMS yang dapat ditularkan melalui kontak kulit.
 
Terima Kasih

Buat janji dokter sekarang

Artikel Populer

Memahami hasil Pap Smear

Bagaimana Dokter Mendiagnosa Keputihan?

Seks, Seksual dan Seksualitas

HIV dan Nutrisi

Kondom Wanita

Demam, Gejala atau Penyakit?

Sebelumnya
Selanjutnya

Hubungi Kami

Silahkan gunakan formulir ini kapan saja untuk menghubungi kami dengan pertanyaan, atau untuk membuat janji.

Anda juga dapat menghubungi kami melalui WhatsApp atau telepon pada jam klinik di +62 8111 368 364.