Question #27019

views

399

Resiko HIV terkena kawat

1. Halo, dokter. Saya ingin bertanya. Beberapa hari yang lalu, jam 7 malam, saya dan teman2 saya sedang membuat kerajinan berbahan kawat, di bagian pinggir kawat itu tajam dan pendek2 kawatnya, beberapa teman saya terkena kakinya oleh kawat dan berdarah, termasuk saya. Jika orang sebelum saya terkena kakinya dan ternyata dia HIV+ (Orangnya nakal dan suka "jajan"), apakah saya bisa tertular? Interval antara dia dan saya terkena kawat sekitar 10 menit, saya kurang tau pasti.

2. Beberapa hari setelah kejadian itu, saya berciuman dengan pacar saya, dan keadaan saya sedang sariawan. Saya cukup yakin sariawan saya tidak berdarah, tapi apakah beresiko menularkan HIV (Jika saya terkena HIV dari kawat tadi), kondisi mulut pacar saya tidak ada sariawan, tapi seluruh geraham belakangnya berlubang parah, sampai hitam2 dan beberapa ada yang gusinya mencuat dari lubang gigi.

Answer

Selamat Sore

  1. Ada resiko tertular HIV melalui luka tusukan jarum atau paparan benda tajam lainnnya bila memang status HIV orang tersebut reactive
  2. Berciuman tidak beresiko terhadap penularan HIV.

Terima Kasih

Buat janji dokter sekarang

Artikel Populer

Memahami hasil Pap Smear

Bagaimana Dokter Mendiagnosa Keputihan?

Seks, Seksual dan Seksualitas

HIV dan Nutrisi

Kondom Wanita

Demam, Gejala atau Penyakit?

Sebelumnya
Selanjutnya

Hubungi Kami

Silahkan gunakan formulir ini kapan saja untuk menghubungi kami dengan pertanyaan, atau untuk membuat janji.

Anda juga dapat menghubungi kami melalui WhatsApp atau telepon pada jam klinik di +62 8111 368 364.