Question #26855

views

1523

Test Lengkap STD utk oral case

Sebelas minggu yg lalu terjadi oral encounter (saya sebagai penerima). Saya ingin test lengkap seluruh STD yg mungkin dari encounter tsb:
1. Sifilis diagnosa dan sifilis titer bedanya apa? Apakah harus ambil dua2nya? Saya kemarin ada test TPHA dan VDRL di lab, apakah cukup?

2. Kemarin saya juga melakukan test anti-HIV seharga 475rb yg menandatangani form viral-load sebelumnya. Apakah itu test generasi ketiga atau keempat? Apakah saya harus ambil test lain lagi (test HIV, CD4, viral load) di Angsa Merah?

3. Duh tubuh uretra itu tatalaksana persisnya seperti apa? Apakah sama dengan test urine NAAT?

4. Lebih akurat mana test uretra tsb dengan PCR chlamydia?

5. Dari literatur online yg saya baca, saat ini tidak ada deteksi HPV untuk pria. Apakah benar? Apakah HPV-DNA dan HPV-Genotype PCR juga tidak bisa untuk pria?

6. Apakah pricelist di tautan berikut masih berlaku/up to date:
http://angsamerah.com/pdf/Angsamerah-Clinic_Price-List_ind.pdf

7. Apa saja yg bisa diketahui dari hasil test analisa sperma?
Apakah ada test lain yg belum saya sebut yg perlu saya lakukan utk kemungkinan terpapar dari oral encounter (sebagai penerima)?
Apakah 11 minggu waktu yg cukup untuk Sifilis, GO, Chlamydia, HPV, HSV-1, HSV-2, dan HIV untuk terlihat dalam test darah di atas?
Terimakasih sebelumnya.

Answer

Salam mas

  1. Sifilis diagnosa untuk menegakkan diagnosa bagi yang belum pernah terinfeksi sifilis. Sedangkan sifilis titer untuk kontrol pengobatan dan melihat adanya infeksi baru bagi yang pernah terinfeksi sifilis.
  2. Tes HIV dikatakan final atau konklusi bila tes tersebut dilakukan setelah 6 minggu dari perilaku berisiko tertular HIV terakhir dengan alat tes generasi 3 atau 4 yang tersedia saat ini. Yaitu masa setelah berakhirnya masa jendela, dapat diketahui ada penularan atau tidak. Klinik Angsamerah menggunakan alat tes generasi ke 3.
  3. Penatalaksanaan duh tubuh urethra tergantung pada hasil temuan pemeriksaan. Tidak dilakukan pemeriksaan NAAT menggunakan duh tubuh urethra.
  4. PCR Chlamydia untuk menemukan kuman Chlamydia yang tidak dapat ditemukan pada pemeriksaan duh tubuh urethra.
  5. Pemeriksaan HPV pada pria sangat sulit karena virus tersebut berada dibawah lapisan tanduk kulit. Jadi tidak menjadi pemeriksaan standar bagi laki-laki.
  6. Informasi harga terbaru ada dalam tautan berikut http://angsamerah.com/clinic-price 
  7. Analisa sperma untuk melihat jumlah sperma, volume semen, kualitas sperma.
  8. Pemeriksaan tergantung pada masa inkubasi, Chlamydia dan gonorrhea 2-21 hari. Sifilis 10-90 hari. HSV 1 dan 2 untuk gejala 2-21 hari, sedangkan antibodi muncul di atas 10 hari setelah masa infeksi primer.

Buat janji dokter sekarang

Artikel Populer

Memahami hasil Pap Smear

Bagaimana Dokter Mendiagnosa Keputihan?

Seks, Seksual dan Seksualitas

HIV dan Nutrisi

Kondom Wanita

Demam, Gejala atau Penyakit?

Previous
Next

Hubungi Kami

Silahkan gunakan formulir ini kapan saja untuk menghubungi kami dengan pertanyaan, atau untuk membuat janji.

Anda juga dapat menghubungi kami melalui WhatsApp atau telepon pada jam klinik di +62 8111 368 364.