Angsamerah Articles Adolescent Health Standards

WHO dan UNAIDS: Standar Global Layanan Kesehatan Ramah Remaja

Pada tanggal 6 Oktober 2015 yang lalu, WHO dan UNAIDS baru saja meluncurkan beberapa Standar Baru mengenai layanan kesehatan berkualitas untuk remaja di dunia, dengan harapan standarisasi ini dapat membantu berbagai negara untuk memperbaiki kualitas pelayanan kesehatan remaja.

Secara global, pelayanan kesehatan yang ada sekarang dianggap masih sering gagal dalam melayani remaja usia 10-19 tahun. Masih banyak remaja yang menderita gangguan kesehatan mental, napza, gizi buruk, kecelakaan yang disengaja dan penyakit kronis tidak memiliki akses pelayanan penting pencegahan dan perawatan. Sementara itu, banyak perilaku yang berdampak pada kesehatan seseorang di masa hidupnya dimulai pada masa remaja.

Menurut Dr Anthony Costello, Direktur Kesehatan Ibu, Anak dan Remaja di WHO, standar baru ini memberikan petunjuk berbagai langkah sederhana namun ampuh bagi negara-negara (kaya dan miskin) untuk dapat segera mengambil aksi memperbaiki kesehatan dan kesejahteraan remaja mereka.

Remaja adalah kelompok yang unik, dimana fisik dan emosi mereka berkembang dengan cepat namun seringkali masih bergantung pada orang tua atau pengasuhnya. Standar Global yang baru ini merekomendasikan agar pelayanan kesehatan yang ada menjadi lebih ramah untuk remaja. Pelayanan ramah remaja adalah sebuah program dan layanan kesehatan yang menyediakan konsultasi murah atau gratis, ketersediaan informasi medis yang disesuaikan dengan usia, serta memperlakukan sang remaja dengan hormat. Dokumen ini juga menyoroti pentingnya kebutuhan bagi remaja untuk dapat mengakses layanan tanpa harus izin orang tua, merasa aman dan nyaman karena mengetahui setiap konsultasi terjaga kerahasiaannya, dan yakin bahwa mereka tidak akan mengalami diskriminasi.

Dr Valentina Baltag, ahli kesehatan remaja di WHO, mengatakan: “Ada negara-negara di mana setiap warga negara kelima adalah seorang remaja. Namun sebagian besar siswa di sekolah-sekolah kedokteran dan keperawatan lulus tanpa pemahaman tentang kebutuhan spesifik dari remaja dalam mengakses pelayanan kesehatan. Ini tidak bisa diterima.”

Standar Global untuk layanan kesehatan yang berkualitas untuk remaja ini membutuhkan paket layanan menyeluruh yang mencakup informasi, konseling, diagnostik, pengobatan dan perawatan, yang tidak hanya berfokus pada isu kesehatan seksual dan reproduksi, tetapi lebih luas lagi.

Sangat penting untuk melibatkan remaja secara sungguh-sungguh dalam perencanaan, monitoring dan memberikan umpan balik pada layanan kesehatan, serta dalam pengambilan keputusan akan perawatan kesehatan mereka sendiri.

Lebih dari 25 negara berpenghasilan rendah dan menengah telah mengembangkan standar nasional untuk memperbaiki pelayanan kesehatan remaja mereka. Standar Global yang baru dikembangkan oleh WHO dan UNAIDS ini dikembangkan berdasarkan hasil penelitian dari berbagai negara tersebut, dan mendapatkan umpan balik dari penyedia layanan kesehatan dan lebih dari 1000 remaja di seluruh dunia. Standar Global ini dilengkapi dengan panduan implementasi dan evaluasi yang menguraikan langkah-langkah konkrit bagaimana negara-negara dapat meningkatkan pelayanan kesehatan yang berkualitas bagi remaja.

10 Penyebab Utama Kematian Remaja

1. Kecelakaan lalu lintas
2. HIV & AIDS
3. Bunuh diri
4. Infeksi saluran pernapasan bagian bawah
5. Tindakan kekerasan
6. Diare
7. Tenggelam
8. Meningitis
9. Epilepsi.
10. Kelainan endokrin, darah, gangguan kekebalan tubuh

10 Penyebab Utama Kesakitan dan Kecacatan Remaja

1. Depresi
2. Kecelakaan lalu lintas
3. Anemia
4. HIV & AIDS
5. Self-bahaya
6. Nyeri punggung dan leher
7. Diare
8. Gangguan kecemasan
9. Asma
10. Infeksi saluran pernapasan bagian bawah

Mari, bersama kita berkontribusi, dimulai dari diri kita sendiri dengan lebih banyak mendengarkan kebutuhan mereka, sang remaja.

Berikut link untuk dapat mengakses beberapa dokumen Standar Global yang dikembangkan oleh WHO dan UNAIDS

Beberapa link teori dan beberapa implementasi model layanan kesehatan ramah remaja terkait dengan program dan pelayanan di Angsamerah Institution.

Salam sukses dan kasih berlimpah

Artikel Terkait

Bakteri ikut ke kantor

Bau Badan ehmmm… ehm.. ?

Antara Makanan dan Anemia

Remaja Dan Kehamilan

Porn Sex vs Real Sex

Anak-anak, Pacaran, dan Seks

Previous
Next

Buat janji dokter sekarang

Hubungi Kami

Silahkan gunakan formulir ini kapan saja untuk menghubungi kami dengan pertanyaan, atau untuk membuat janji.

Anda juga dapat menghubungi kami melalui WhatsApp atau telepon pada jam klinik di +62 8111 368 364.