Berbagi Ilmu Lintas Batas Negara: India dan Indonesia

Humsafar Trust, sebuah LSM yang bergerak dalam bidang MSM di Mumbai, India, telah berkunjung ke Klinik Yayasan Angsamerah untuk belajar mengenai model inovatif layanan kesehatan komunitas yang dilakukan sektor swasta di Jakarta. Kunjungan ini merupakan bagian dari misi pembelajaran komunitas dari India ke Indonesia antara 13-17 Juni 2016 yang didukung oleh UNAIDS. Selama di Jakarta, Humsafar Trust didampingi oleh mitra kerja local GWL-INA dan Yayasan Intermedika.

Kunjungan ke Angsamerah berlangsung pada Rabu, 15 Juni 2016 dan pertemuan dihadiri oleh dengan dua anggota Humsafar Trust, wakil UNAIDS Indonesia dan India, wakil Kementerian Kesehatan RI, staf  Yayasan Inter Medika, mitra Angsamerah Danny Yatim, Riki Febrian dari AIDS Healthcare Foundation, serta pimpinan dan staf Angsamerah.

Dalam kunjungan selama dua jam ini para tamu diperkenalkan kepada Angsamerah Institution dan memperoleh informasi mendalam mengenai sejarah berdiri dan beroperasinya Klinik Yayasan Angsamerah. Topik pembicaraan cukup luas, berawal dari sistem layanan klinik, bentuk kerjasama dengan organisasi komunitas lokal, sampai pada strategi inovatif dalam menjangkau anggota populasi kunci yang terdampak dan seringkali sulit dijangkau. Para tamu tampaknya sangat antusias dan tertarik mengetahui semua hal ini secara rinci.

Angsamerah-guest-india-2-B

Kunjungan ini juga menjadi peluang bagi Angsamerah berbagi kepada tetamu dari India ini mengenai luasnya keahlian yang dimiliki Angsamerah. Termasuk di sini adalah pembentukan model layanan kesehatan (models of healthcare delivery), solusi layanan kesehatan yang inovatif, konsultasi kesehatan masyarakat dan peran sebagai inkubator bagi pelaku kesehatan masyarakat.

Kunjungan ini menjadi pengalaman menarik yang sangat berharga bagi semua pihak yang hadir. Mudah-mudahan saling berbagi pengetahun dan pengalaman antara berbagai pihak di kawasan sama seperti ini, terutama di dunia kita yang semakin terhubung satu sama lainnya, dapat memberikan manfaat besar di tingkat lokal maupun tingkat regional.

Artikel Terkait

Mengapa ibu hamil perlu tes HIV?

Pembelajaran: Manajemen Klinik dan Bedside Teaching di Klinik Angsamerah

Pemeriksaan Lanjutan Setelah Terdiagnosa HIV Positif

Angsamerah POS

@america Screening

Pikir, Rasa, Ucap tentang HIV Kini dan Tantangannya

Health Fair 2017

British Petroleum (BP) and Angsamerah Joining Forces Against HIV-AIDS

Sebelumnya
Selanjutnya

Hubungi Kami

Silahkan gunakan formulir ini kapan saja untuk menghubungi kami dengan pertanyaan, atau untuk membuat janji.

Anda juga dapat menghubungi kami melalui WhatsApp atau telepon pada jam klinik di +62 8111 368 364.