Konseling Kesehatan Jiwa, Mengatasi Tantangan Bersama

LingkarMadani, Packard Foundation, Penabulu, dan Angsamerah

Dalam kehidupan sehari-hari, kita sering dihadapkan pada tekanan, kecemasan, dan tantangan yang sulit. Bagi kita yang berkerja harian, yang seringkali berada dalam lingkungan kerja yang keras dan penuh tekanan, menjaga kesehatan mental menjadi sangat penting. Inilah mengapa program konseling kesehatan jiwa seperti Program Konseling Bersama LingkarMadani – Angsamerah, menjadi sangat berharga.

Apakah saya perlu melakukan konseling kesehatan jiwa?

Kesehatan mental yang baik adalah kunci untuk kesejahteraan. Konseling kesehatan jiwa membantu kita untuk mengelola stres, kecemasan, dan depresi yang mungkin kita alami. Ini juga memberikan kita keterampilan dan strategi untuk menghadapi tantangan hidup dengan lebih baik.

Apa manfaat konseling kesehatan jiwa bagi saya?

  • Mengurangi Stres dan Kecemasan. Konseling memberikan kita kesempatan untuk berbicara tentang masalah yang kita hadapi dan menemukan cara untuk mengatasinya, yang dapat membantu mengurangi tingkat stres dan kecemasan.
  • Meningkatkan Koping (cara kita menghadapi dan menanggapi masalah). Dengan bantuan konselor, kita dapat mengembangkan strategi koping yang efektif untuk menghadapi tekanan hidup dan mengatasi tantangan dengan lebih baik.
  • Meningkatkan Kesejahteraan Emosional. Konseling membantu kita untuk memahami dan mengelola emosi kita dengan lebih baik, sehingga kita dapat merasa lebih bahagia dan seimbang secara emosional.
  • Dapat meningkatkan produktifitas kerja. Dengan kondisi psikologis emosional yang sehat dan stabiil kita lebih bisa fokus ada hal-hal yang perlu diprioritaskan agar dapat mencapai target dan harapan.
  • Meningkatkan kemampuan intrapersonal dan interpersonal. Melalui proses konseling kita tidak hanya mendpatkan gambaran dari akar permasalahan juga kita bisa mendapatkan solusi atau alternative yang bisa berasal dari diri kita sendiri dengan bantuan professional. Selain itu dalam proses konseling juga tergali skil intrapersonal dan interpersonal yang bisa ditingkatkan agar menjadi individu yang lebih netral, bermafaat dan professional.

Bisakah program konseling membantu saya?

Program Konseling bersama Lingkar Madani-Penabulu dan Angsamerah, menyediakan akses mudah dan terjangkau ke layanan konseling yang berkualitas khusus bagi OMS LingkarMadani yang sudah berlangsung sejak tahun 2022. Melalui sesi konseling individu dan kelompok, peserta dapat mendapatkan dukungan dan bantuan yang mereka butuhkan untuk mengatasi masalah dan meningkatkan kesejahteraan mereka.

Apakah saya berhak untuk mengakses?

Program ini didukung oleh Packard Foundation dan Yayasan Penabulu, telah memungkinkan pelaksanaan program ini dengan dukungan finansial bagi OMS dibawah kemitraan LingkarMadani – Penabulu yang menjadi langkah penting dalam memastikan bahwa layanan konseling kesehatan jiwa dapat diakses oleh mereka yang membutuhkannya. Walau saat ini masih hanya dikhususkan dari OMS LingkarMadani dan Penabulu, untuk akses;

  • Sesi Konseling Individu. Setiap peserta akan memiliki kesempatan untuk bertemu dengan Psikolog/ Psikiater/ Life-Coach terlatih secara individu untuk membahas masalah dan tantangan yang mereka hadapi dalam kehidupan sehari-hari.
  • Sesi Kelompok. Selain konseling individu, akan ada sesi konseling kelompok yang memungkinkan peserta untuk berbagi pengalaman dan mendukung satu sama lain dalam mengatasi masalah yang serupa.
  • Pendidikan Kesehatan Mental bersama KACAPIKIR. Program ini juga akan menyelenggarakan sesi pendidikan kesehatan mental yang membantu peserta memahami pentingnya kesehatan mental dan strategi untuk menjaga keseimbangan emosional.

Bagaimana teknis layanan konseling?

  • Selama program kerjasama antara Penabulu dengan Angsamerah berlangsung, layanan ini bisa diakses sesuai kebutuhan.
  • Klinik Angsamerah memiliki jam layanan dan peserta program bisa menyesuaikan waktunya dengan jam layanan di Angsamerah dengan perjanjian.
    • Offline Counseling (Dengan Perjanjian)
      • Klinik Angsamerah Fatmawati
        • Senin – Sabtu; 10.00 – 19.00 WIB Batas Waktu pembuatan jadwal janji 17.30 WIB
        Klinik Angsamerah Menteng 
        • Selasa – Kamis; 17.00 – 21.00 WIB Batas Waktu pembuatan jadwal janji 17.30 WIB
        Praktek Dokter Mandiri dr. Lamsaria Siburian (Angsamerah Depok)
        • Senin – Sabtu; 10.00 – 19.00 WIB Batas Waktu pembuatan jadwal janji 17.30 WIB
  • Layanan bisa dilakukan secara online dan offline dengan durasi satu kali sesi maksimal (45 Menit). Jika diperlukan penambahan jam konsultasi perlu dikonsultasikan dengan admin dan tenaga konselor ahli.
  • Peserta program bisa memberikan nilai kepuasan atau masukan yang membangun pada link form yang akan diberikan setelah layanan konseling pada hari itu.

Apakah kerahasiaan data saya terjamin?

  • Angsamerah menjamin kerahasiaan status konseling peserta program terkecuali ada rujukan yang diperlukan, yang tentunya atas seijin klien, pihak Angsamerah bisa memberikan informasi umum guna memudahkan proses rujukan dan konseling lanjutan. Catatan kunjungan tidak diberikan kepada pihak Penabulu (selaku pemberi kerja dan pendukung /donor program utama) sebagai etika layanan konseling.

Daftakan dirimu melalui :

Artikel Terkait

Bipolar

Toxic Masculinity & Mental Health

Premarital Health Check Up, Penting Nggak Sich?

Cemburu dalam Hubungan Berpasangan, Petaka atau Cinta ?

Ghosting

Meninggalkan Hubungan Tergantung Tak Berujung

Manfaat dan Jenis-Jenis Hipnoterapi

Previous
Next

Buat janji dokter sekarang

Hubungi Kami

Silahkan gunakan formulir ini kapan saja untuk menghubungi kami dengan pertanyaan, atau untuk membuat janji.

Anda juga dapat menghubungi kami melalui WhatsApp atau telepon pada jam klinik di +62 8111 368 364.