Layanan Testing, Pengobatan dan Perawatan HIV Berbasis Komunitas

Yuk Bermitra Menyediakan Layanan Testing, Pengobatan dan Perawatan HIV Berbasis Komunitas.

Layanan testing, pengobatan dan perawatan HIV berbasis komunitas (Community Based HIV Testing, Treatment and Care) yang komprehensif ini merupakan perpanjangan tangan dari layanan HIV dari Klinik Angsamerah yang diberikan khusus kepada komunitas dengan resiko tinggi terinfeksi HIV yang memiliki kesulitan ekonomi dan mengalami stigma sosial dari masyarakat umum.

Kegiatan layanan ini adalah salah satu model layanan kesehatan di Angsamerah yang kami sebut Angsamerah POS yaitu sebuah pos/checkpoint layanan tes HIV cepat, mudah dan murah, terbuka untuk umum. Namun karena situasi pandemi COVID-19, Yayasan Angsamerah, menfokuskan layanan ini pada kelompok risiko tinggi, dan kami sebut dengan nama layanan kesehatan berbasis komunitas. Layanan ini dimulai sejak Juni 2020 dan kami berusaha kegiatan ini akan terus berlanjut dan berharap meluas di berbagai daerah dan di selenggarakan oleh banyak pihak tidak hanya Klinik Angsamerah.

Angsamerah melihat adanya kebutuhan dari masyarakat untuk mengakses layanan HIV untuk kebutuhan pencegahan, pemeriksaan hingga perawatan dan pengobatan antiretroviral (ARV) yang mudah, nyaman, murah, berkualitas dan komprehensif yang berkesinambungan.

Saat ini kebutuhan masyarakat akan adanya layanan HIV amat beragam. Angsamerah berupaya memberikan pilihan layanan yang sesuai dengan kebutuhan individu dan kelompok. Layanan ini diharapkan mampu membantu sahabat-sahabat komunitas dalam mengakses layanan HIV dengan mudah, dengan cara meminimalkan hambatan yang tidak perlu dan memberikan perhatian dukungan di aspek sosial, psikologi dan ekonomi.

Angsamerah menyadari kesenjangan akan terus ada dalam upaya pemenuhan kebutuhan ini dan kesenjangan ini merupakan bagian dari sebuah proses perubahan. Angsamerah tetap memiliki semangat positif untuk berusaha bersama pemerintah dan organisasi lainnya berkontribusi sebaik mungkin meminimalkan kesenjangan yang ada.

Apalagi ditambah kondisi saat ini dengan adanya pandemi Covid-19, kesenjangan antara kebutuhan layanan HIV dan ketersediaan layanan HIV menjadi semakin lebar karena adanya pembatasan mobilitas masyarakat dan pembatasan interaksi langsung antara petugas kesehatan dan pasien di fasilitas kesehatan. Layanan testing, pengobatan dan perawatan HIV berbasis komunitas ini diharapkan menjadi salah satu solusi dari masalah tersebut.

Layanan ini bisa berjalan berkat adanya kemitraan dari semua pihak yang berkontribusi sesuai dengan kapasitasnya masing-masing. Angsamerah tak akan pernah mampu melakukan sendiri. Dalam menyediakan layanan ini, Angsamerah mengintegrasikan dengan program pemerintah daerah dan nasional. Saat ini ada 5 komunitas yang menjalin kerjasama dengan Angsamerah dalam layanan ini yaitu Yayasan Inter Medika (YIM), Yayasan Pesona Jakarta (YPJ), Yayasan Kusuma Buana (YKB), Yayasan Srikandi Sejati (YSS), dan Yayasan Perkumpulan Bandung Wangi. Dukungan dana didapatkan dari Linkages, USAID Indonesia,  AIDS Healthcare Foundation (AHF), dan Yayasan Angsamerah.

Komunitas merespon positif atas manfaat dari pendekatan ini:

Pastinya kemitraan yang terjalin membantu meningkatkan jumlah orang yang melakukan tes HIV, penemuan dini HIV, dan pengobatan ARV dan perawatan lainnya, walaupun kondisi layanan HIV belum kembali normal.

Melalui layanan yang sudah berjalan sejak Juni sampai dengan akhir Desember 2020, tercatat 1517 orang dari komunitas sudah mengakses HIV testing, 115 orang diantaranya terdiagnosa HIV, dan 78 orang sudah langsung mendapatkan ARV dari Klinik Angsamerah.  Sebanyak 37 melanjutkan pengobatan ARV (ART) di Puskesmas dan Klinik lainnya.

Previous slide
Next slide

Dan berlanjut hingga tahun 2021, tercatat 4142 orang dari komunitas sudah mengakses HIV testing, 143 orang diantaranya terdiagnosa HIV, dan 64 orang sudah langsung mendapatkan ARV dari Klinik Angsamerah. Sebanyak 79 melanjutkan pengobatan ARV (ART) di Puskesmas dan Klinik lainnya.

Angsamerah membuka lebar pintu kemitraan dengan komunitas yang tertarik untuk bermitra. Kemitraan tidak hanya berpusat pada layanan testing dan pengobatan, kami juga membuka kemungkinan kemitraan dalam aspek edukasi, sosial, psikologi dan ekonomi.

Bila tertarik bermitra dengan Angsamerah dapat langsung menghubungi kami dengan mengisi form kemitraan.

Artikel Terkait

Kendalikan HIV dan AIDS dengan Terapi Antiretroviral (ART)

Mengapa ibu hamil perlu tes HIV?

Kesehatan Reproduksi dan HIV Di Tengah Ketidaktahuan dan Sorotan Prioritas

CD4

Joining Forces on a Regional Level

Pesan ODHIV untuk Semua

Previous
Next

Bermitra dengan kami sekarang

Hubungi Kami

Silahkan gunakan formulir ini kapan saja untuk menghubungi kami dengan pertanyaan, atau untuk membuat janji.

Anda juga dapat menghubungi kami melalui WhatsApp atau telepon pada jam klinik di +62 8111 368 364.