Transformative Leadership Program: Model Kepemimpinan yang Wajib Dimiliki!

Siapa sih yang tidak ingin sukses dalam hidup? Orang-orang melakukan berbagai cara dan berlomba untuk bisa meraih mimpinya masing-masing, meskipun rasanya memang perlu diakui bahwa untuk dapat bertahan di era serba digital ini tidaklah mudah. Ada banyak kemampuan yang harus dimiliki agar kita bisa beradaptasi dengan pesatnya perkembangan, di antaranya yaitu kemampuan untuk memimpin. Kepemimpinan (termasuk di dalamnya kepemimpinan transformasional) merupakan salah satu karakteristik atau kemampuan seseorang yang paling banyak dicari oleh seluruh perusahaan/organisasi dari berbagai bidang.

Kepemimpinan transformasional (Transformative Leadership) didefinisikan sebagai pendekatan kepemimpinan yang menyebabkan perubahan pada individu dan sistem sosial.[1] Pemimpin transformasional mengendalikan situasi dengan menyampaikan visi yang jelas tentang tujuan kelompok / organisasi.

Para pemimpin yang transformatif memiliki motivasi yang jelas dalam bekerja dan memiliki kemampuan untuk membuat anggota kelompok lainnya merasa termotivasi dalam bekerja. Teori kepemimpinan ini berusaha menciptakan pendekatan baru dalam kepemimpinan. Seiring waktu, model kepemimpinan ini menjadi populer mengikuti fokusnya pada motivasi intrinsik serta pengembangan pengikut yang sejalan dengan kebutuhan sebagian besar kelompok kerja yang mungkin memerlukan inspirasi dan pemberdayaan untuk berhasil di masa-masa sulit.[2]

Baca juga: Strategic Leadership Program: Menjadi Pemimpin yang Strategis, Bukan Cuma Bossy!

Berbeda dengan gaya kepemimpinan lainnya di mana pemimpin memegang seluruh kontrol dalam tim, kepemimpinan transformasional membagikan kendali tersebut dengan seluruh pemangku kepentingan lainnya. Seorang pemimpin transformasional mampu berkonsensus (berdiskusi dan menghasilkan keputusan bersama) dengan SDM yang berniat untuk bekerjasama dengan mereka dalam mewujudkan tujuan bersama. Konsensus dimulai dengan identifikasi visi bersama antara pemimpin dan SDM, artinya pemimpin akan membangun dan menyebarkan visinya kepada SDM yang akan bekerja sama dengannya.[3]

Menurut Bernard M. Bass, terdapat empat komponen kepemimpinan transformasional yang berbeda. Empat elemen utama kepemimpinan transformasional adalah: Stimulasi intelektual; Pertimbangan individual; Motivasi inspirasional; dan Pengaruh yang ideal.[4] Meskipun setiap pemimpin berbeda, namun kepemimpinan transformasional memiliki sejumlah kualitas utama yaitu; orisinalitas; kesadaran diri; kerendahan hati; kolaborasi; dan saling ketergantungan.

Gaya kepemimpinan transformasional bisa sangat efektif bila digunakan dengan tepat, tetapi belum tentu menjadi pilihan terbaik untuk setiap situasi. Dalam beberapa kasus, organisasi tertentu mungkin memerlukan gaya yang lebih manajerial atau otokratis yang melibatkan kontrol yang lebih dekat dan arahan yang lebih besar, terutama dalam situasi di mana anggota kelompok tidak terampil dan membutuhkan banyak pengawasan.

Perkembangan metode kepemimpinan transformasional ini juga didukung oleh meningkatnya kebutuhan atau permintaan akan teori kepemimpinan yang lebih baik yang menganggap pemimpin dan SDM yang dipimpinnya sebagai mitra penting dalam mewujudkan visi atau misi dalam suatu organisasi. Dengan demikian terjadi teamwork yang baik untuk mencapai tujuan.

Apakah Sahabat termasuk pemimpin transformatif? Atau Sahabat ingin belajar menjadi pemimpin yang transformatif? Sahabat bisa melatih dan memupuk kemampuan ini melalui serangkaian pelatihan dengan berbagai metode pengembangan diri. Mari bergabung dengan Kacapikir untuk mengikuti Transformative Leadership Program, dan latih skill yang wajib dimiliki ini!

Referensi

[1] Allen GP, Moore WM, Moser LR, Neill KK, Sambamoorthi U, Bell HS. The role of servant leadership and transformational leadership in academic pharmacy. Am J Pharm Educ. 2016;80(7):113.

[2] Northouse, P.G. Leadership: Theory and Practice. 7th Edition. Los Angeles: Sage Publications. 2016

[3] Jacobs C; Pfaff H; Lehner B, et al. The influence of transformational leadership on employee well-being: Results rrom a survey of companies in the information and communication technology sector in Germany. J Occup Environ Med. 2013;55(7):772-8.​

[4] Choi SL, Goh CF, Adam MB, Tan OK. Transformational leadership, empowerment, and job satisfaction: the mediating role of employee empowerment. Hum Resour Health. 2016;14(1):73.

Artikel Terkait

Pemanfaatan Teknologi Kesehatan dalam Mengelola Layanan dan Program Kesehatan Primer Sektor Swasta

Strategic Leadership Program: Menjadi Pemimpin yang Strategis, Bukan Cuma Bossy!

Bagaimana ya meningkatkan kapasitas diri?

Apa Manfaat Investasi Mandiri di Layanan Kesehatan Primer?

Nurlan Silitonga Mewujudkan Layanan Kesehatan yang Ramah dan Berkualitas

Bagaimana Kami Memulai Investasi Mandiri yang Berdampak Sosial?

Previous
Next

Jadwalkan sesi dengan
Dr. Nurlan & Partners sekarang

Hubungi Kami

Silahkan gunakan formulir ini kapan saja untuk menghubungi kami dengan pertanyaan, atau untuk membuat janji.

Anda juga dapat menghubungi kami melalui WhatsApp atau telepon pada jam klinik di +62 8111 368 364.