Layanan Angsamerah Ada Loh di Klinik Kiera di Cimahi

Hello teman-teman di Bandung.

Merespon permintaan teman-teman, dan atas inisiasi kemitraan dari Pendiri Klinik Kiera, dr. Erta Priadi W, Sp. JP layanan Angsamerah sekarang sudah ada di Cimahi, Jawa Barat, di Klinik Kiera ya guys!

Layanan Angsamerah di Klinik Kiera merupakan salah satu model kemitraan layanan dengan nama Health Check Point/HCP (Pos Layanan Kesehatan). HCP Kiera merupakan sebuah model baru layanan kesehatan sustainable social business/enterprise (SSB/E) yang dikembangkan oleh PT dan Yayasan Anak Bangsa Merajut Harapan (Angsamerah) demi memudahkan perluasan akses layanan kesehatan reproduksi dan seksual yang berkualitas bagi masyarakat, dengan investasi dan manajemen yang mudah dan murah, dan atas inisiasi investasi dari masyarakat secara mandiri, dengan bermitra dengan program kesehatan pemerintah.

Selain isu medis dan sosial, HCP Kiera sebagai layanan swasta memperhatikan pentingnya pengelolaan keuangan yang sehat, sehingga dana operasionalisasi untuk menjalankan misi sosial dapat terus berkelanjutan.

HCP Kiera tersedia sebagai bagian dari subunit layanan di Klinik Utama Kiera, yang berfokus pada layanan kesehatan seksual dan reproduksi. Kemitraan terlahir dari inisiasi pimpinan Klinik Kiera untuk membuka kerjasama layanan Angsamerah di Klinik Kiera sebagai bagian dari kebutuhan Klinik Kiera untuk rencana perluasan layanan kesehatan di Kiera di area kesehatan reproduksi, seksual dan layanan HIV.

Tujuan dari pelayanan HCP Kiera adalah untuk mempromosikan kesehatan dan kesejahteraan penduduk di lingkungan Klinik Kiera di Cimahi dengan menyediakan pelayanan kesehatan yang berkualitas tinggi, client-centered, terjangkau dan berkelanjutan terkait layanan kesehatan reproduksi.

Baca juga: Mengapa dan Bagaimana Menjalin Kemitraan yang Sukses

Market sasaran HCP Kiera adalah penerima manfaat langsung layanan HCP Kiera yaitu masyarakat usia reproduktif dengan pendapatan menengah ke atas. Manajemen Klinik Kiera mempunyai komitmen untuk menyediakan layanan untuk masyarakat tidak mampu yang disesuaikan dengan kemampuan Klinik Kiera, menggunakan strateji subsidi silang dan atau dana hibah/donasi dari organisasi lain.

Investasi layanan HCP Kiera bersumber dari tiga organisasi yaitu; Klinik Kiera, PT dan Yayasan Angamerah. Besaran investasi diperhitungkan untuk dua tahun untuk membuat layanan ini berkelanjutan dan bertumbuh. Investasi meliputi; biaya set-up (sewa, renovasi, alat) dan biaya operasional tetap dan tidak tetap, untuk periode 2 tahun untuk bisa menghasilkan. Untuk kebutuhan di awal HCP Kiera hanya memerlukan 2 tenaga kerja yaitu 1 dokter dan 1 perawat/bidan.

Jenis layanan yang disediakan

  • Konsultasi dokter offline dan online
  • Mengedepankan layanan Rapid Test yang hasilnya dapat diperoleh kurang dari 30 menit seperti Rapid test HIV, Rapid test Sifilis, Rapid test Hepatitis B dan C, dan pemeriksaan laboratorium rujukan lain terkait IMS dan penyakit co-morbid lainnya seperti Skrining Papsmear, PCR Chlamydia/ Gonorea, VL, CD4 dll.
  • Adanya layanan vaksin dan KB
  • Adanya layanan akses ARV, termasuk layanan PEP dan PreP
  • Bekerjasama dengan lab rujukan fasilitas kesehatan lainnya; Puskesmas, LSM setempat dan komunitasnya, RS rujukan ART, dan Klinik ART lainnya.

Progres saat ini

Saat ini layanan difokuskan di layanan kesehatan reproduksi, sedangkan untuk layanan HIV dan penyediaan ARV dalam proses dengan koordinasi kantor dinas kesehatan setempat dan kemitraan dengan rujukan dengan fasilitas kesehatan layanan ART yang ada di Bandung dan Cimahi.

Asistensi manajemen Angsamerah dalam kemitraan ini

  • Rencana usaha lengkap dengan perhitungan modal
  • Standar operasional medis dan non medis (customer care, hrd, legal, finance, pajak)
  • Sistem IT yang terintegrasi, termonitor dan terupdate oleh Tim Angsamerah termasuk maintenance atas sistem IT real time
  • Job desk untuk staf
  • Besaran gaji, KPI, dan terminasi kerja staf
  • Online Customer care
  • Laporan keuangan dan medis (jumlah pasien, tipe penyakit)
  • Membantu proses perijinan Layanan ARV
  • Pendampingan persiapan pembukaan unit sampai operasional: pelatihan staf, sistem IT, strategi pemasaran, operasional, serta monitoring dan evaluasi

Tertarik bekerja sama dengan Angsamerah, klik Formulir Kemitraan

Dokumentasi Pelatihan Praktek Klinis dan Manajemen operasional layanan, oleh tim Angsamerah untuk tim Klinik Kiera di Jakarta, Juni 2023

Artikel Terkait

Bahagia & Percaya Diri

Semuanya Ada di Otak Lewat Sang Pemancar Saraf

Bagaimana Membangun Usaha Bisnis Sosial yang Sehat?

Premarital Health Check Up, Penting Nggak Sich?

Forum “Market-driven Approaches to Advance the Financial Sustainability of Community-based HIV Services in Asia”

Bangkok, Thailand 2022

You never forget your first Toyfriend!

Transformative Leadership Program: Model Kepemimpinan yang Wajib Dimiliki!

Sebelumnya
Selanjutnya

Buat janji dokter sekarang

Jadwalkan sesi dengan
Dr. Nurlan & Partners sekarang

Hubungi Kami

Silahkan gunakan formulir ini kapan saja untuk menghubungi kami dengan pertanyaan, atau untuk membuat janji.

Anda juga dapat menghubungi kami melalui WhatsApp atau telepon pada jam klinik di +62 8111 368 364.